aneka resep masakan, aneka resep kue kering, aneka puding.

Kamis, 16 Februari 2017

Cara Membuat Es Cendol Yang Enak dan Seger

Oya Bunda akhir-akhir ini sering sekali kita mendengar dan menyaksikan berita di stasiun-stasiun televisi yang memberitakan soal maraknya makanan-makanan yang dijual oleh sebagian orang yang tidak bertanggung jawab, bahwa makan yang mereka jual itu mengandung unsur-unsur yang dapat membahayakan orang yang telah mengkonsumsinya.. misalkan penjual yang tidak mau rugi dan mau mengambil keuntungan yang lebih besar dengan cara menambahkan sesuatu yang dapat mengawetkan makanan tersebut sehingga dapat bertahan lama, seperti boraks dan lain sebagainya.

Solusi yang paling jitu agar kita terhindar dari masalah tersebut, juga tidak merasa khawatir dengan apa yang kita konsumsi maka ada baiknya kita mencerna makanan yang kita olah sendiri.. sesuai dengan judul yang telah saya buat, maka saya akan memberikan sebuah resep untuk membuat es cendol yang higienis dan aman untuk kita makan.


Bahan-bahan yang kita perlukan untuk membuat es cendol antara lain sebagai berikut;

1. Sediakan 75 gram tepung beras.
2.  Sediakan50 gram tepung sagu.
3. Sediakan 2 sdt air kapur sirih.
4. Sediakan 100 ml air perasan pandan.
5. Sediakan daun suji untuk pewarna alami.
6. Sediakan 500 ml air.
7. Sediakan 1/4 sdt garam.

Kemudian bahan untuk membuat kinca dalam es cendol;

1. Sediakan 150 ml air.
2. Sediakan 3 lembar daun pandan.
3. Sediakan 200 gram gula merah.
4. Sediakan 50 gram gula pasir.
5. Sediakan 6 lembar daun jeruk.

Setelah itu kumpulkan juga bahan untuk kuah santannya;

1. Siapkan 600 ml santan.
2. Siapkan 1/2 sdt garam.
3. Siapkan 4 buah daging nangka yang sudah dibersihkan dan dipisahkan dari biji dan kulitnya.
4. Siapkan 2 lembar daun pandan.

Setelah semua bahan yang kita butuhkan sudah terkumpul, maka langsung ke tahap selanjutnya yaitu proses pemasakan Cara Membuat Es Cendol Untuk Buka Puasamari sama-sama ikuti langkah dan caranya agar mendapatkan hasil yang sempurna dan memuaskan tentunya.

1. Sediakan saringan yang nantinya akan digunakan untuk membentuk cendol, lalu taruh di atas wadah yang agak besar supaya mudah dalam pengerjaannya.. dan jangan lupa untuk mengisi air dingin di dalam wadah tersebut.

2. untuk adonan cendol; campurkan tepung beras, tepung sagu, air kapur sirih, juga air dari daun suji. lalu aduk sampai melicin dan merata, kemudian sisihkan.

3. kemudian masak air dalam panci sampai mendidih, masukan garam, juga larutan tepung, aduk hingga melicin dan kemudian angkat. langkah berikutnya adalah menuangkan adonan ke dalam saringan yang telah disediakan tadi, lalu tekan dari atas secara perlahan-lahan hingga adodan keluar melalui saringan dan turun ke dalam air yang dingin, air yang dingin dimaksudkan agar adonan tercetakl dengan sempurna dan tidak rusak. lantas tiriskan cendol dengan membuang sebagian air, tapi sisakan sedikit airnya agar cendol tidak melekat.

4. membuat kincanya; masak semua bahan kinca sampai mendidih, ingat apinya tidak boleh terlalu besar, masak terus sampai gulanya melarut, angkat dan buang ampas serta sampahnya.

5. membuat kuah santannya; masukkan santan dalam air mendidih, dan rebus berikut garam,daun pandan, masak secara perlahan agar santan tidak pecah,lalu masukkan nangka dan masak sampai nangkanya layu, kemudian angkat.

Setelah semuanya selesai, anda tinggal menyatukan semua yang telah kita masak tadi sesuai selera anda. dan itulah cara membuat es cendol yang sangat enak sekali. semoga anda berhasil mencobanya.. karena segala sesuatu itu perlu adanya percobaan. sampai jumpa lagi di resep-resep yang lainnya, jangan lupa datang lagi ya, Terimakasih
Cara Membuat Es Cendol Yang Enak dan Seger Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar